Unboxing Samsung Galaxy M62

NYENTRIK.COM, JAKARTA - Samsung Electronics Indonesia (SEIN) baru saja resmi meluncurkan smartphone 5G terbaru untuk segmen menengah di Indonesia, Samsung Galaxy M62.

Smartphone ini masih membidik para konten kreator, social media enthusiast serta para gamer lantaran Samsung menyematkan spesifikasi yang serba lebih pada smartphone ini. Anda pasti penasaran kan?

Tribunnews berkesempatan melakukan unboxing Galaxy M62 pekan ini dan mendapati sejumlah temuan menarik dari smartphone ini. Yuk kita simak ulasannya.

Dalam pengumumannya di acara peluncuran, Samsung menyebutkan, Galaxy M62 dibanderol seharga Rp 6 juta. Dengan demikian smartphone ini mengisi ponsel segmen menengah di rentang harga Rp 4 sampai 7 jutaan.

Meski tampil mengisi pasar segmen menengah, Samsung mengemas Galaxy M62 cukup simpel dengan boks karton kemasannya yang materialnya serupa dengan seri Samsung Galaxy di bawahnya. 

Samsung Galaxy M62_1
Samsung Galaxy M62

Begitu juga dengan dengan wadah di bagian dalam untuk layering handset dan aksesorisnya, serupa dengan seri Galaxy di bawahnya.

Membuka boksnya kita mendapati satu unit handphone, kabel USB tipe C berikut kepala charger dengan fitur pengisian cepat 25W, tool untuk membuka sim card dan dua buah buku manual panduan penggunaan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Berbeda pada beberapa seri Galaxy lainnya misalnya Galaxy A31, pada Galaxy M62 ini Samsung tidak menyertakan soft case di boks kemasannya.

Unit handphone Galaxy M62 yang kami buka adalah varian warna Green yang tampil menarik dengan gradasi warna hijau ke silver pada bodi belakangnya.

Samsung Galaxy M62 warna green.
Bodi belakang Samsung Galaxy M62 varian warna green tampil glossy dengan gradasi warna hijau-silver.

Menyimak bodinya, masih serupa dengan beberapa tipe smartphone Samsung lainnya, Samsung tetap menempatkan tombol volume pada Galaxy M62 di sisi kanan atas bodi ponsel.

Di bawahnya adalah tombol untuk fungsi mengaktifkan atau mematikan layar dan ponsel.

Tombol on/off M62
Tombol On/Off dan tombol volume pada Samsung Galaxy M62 ditempatkan di sisi kanan bodi.

Untuk tray sim card dan kartu memori, Samsung menempatkannya di sisi kiri atas bodi smartphone.

Untuk speaker, kabel USB dan earphone seluruhnya ditempatkan di bagian bawah bodi.

Posisi speaker Galaxy M62
Posisi speaker, kabel USB dan earphone Samsung Galaxy M62 seluruhnya ditempatkan di bagian bawah bodi.

Sementara itu, Quad Camera 64 MP di bagian belakang bodi ditempatkan di bagian kiri atas dengan housing serta lampu flash di bawahnya yang ditempatkan terpisah.

Quad Cam ini terdiri dari kamera utama 64MP, kamera Ultrawide 12MP, kamera Depth 5MP, dan kamera Macro 5MP.

Samsung menempatkan kamera depan di bagian tengah atas. Kamera ini memiliki kekuatan 32MP (f2.2) dan kemampuan perekam video UHD 4K (3840 x 2160) pada 30fps.

Kamera belakang Samsung Galaxy M62
Quad Camera 64 MP dengan flash terpisah dari housing di bodi belakang Samsung Galaxy M62.

Baterai Jadi Kekuatan Utama

Samsung Galaxy M62 mengusung baterai dengan kapasitas besar 7.000mAh sebagai pilar utama. Baterai ini terbukti irit untuk penggunaan dalam durasi lama.

Misalnya, saat kami gunakan untuk aktivitas memotret dengan objek indoor dan outdoor tanpa mengaktifkan lampu flash dengan beberapa kali digunakan pula untuk pengambilan video outdoor sejak siang sampai malam hari, baterainya hanya berkurang 20 persen.

Dengan demikian, baterai Galaxy M62 bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas padat seharian tanpa perlu mengisi ulang.

Kami juga mengetes performa baterai ini untuk menonton streaming video di YouTube terus-menerus selama setengah jam dan dengan volume suara 50 persen, dari kondisi baterai terisi penuh, hanya berkurang sebanyak 3 persen.

Layar Galaxy M62
Ngetes performa baterai Galaxy M62 untuk nonton video streaming di YouTube.

Samsung menyatakan, baterai 7.000 mAh di Galaxy M62 dibekali fitur pengisian daya Super Fast Charging 25W.

Dalam pernyataan resminya, Samsung menyatakan, baterai di Galaxy M62 ini bisa digunakan memutar video streaming selama kurang lebih 33 jam secara terus-menerus alias nonstop, dan bisa digunakan selama 24 jam untuk video call serta bisa digunakan selama 19 jam untuk bermain game secara terus-menerus.

Samsung melengkapi Galaxy M62 dengan Fitur Wired Power Share C-to-C Cable memungkinkan pengisian daya baterai perangkat lain, langsung dari Galaxy M62.

Kamera Resolusi Tinggi

Kamera dengan resolusi tinggi menjadi senjata utama berikutnya di Samsung Galaxy M62.

Samsung membekali Galaxy M62 dengan 64MP Quad Camera yang serba bisa untuk mendukung kebutuhan perekaman objek untuk membuat beragam konten foto dan video.

Empat kamera belakang di Samsung Galaxy M62 terdiri dari kamera utama 64MP, kamera Ultrawide 12MP, kamera Depth 5MP, dan kamera Macro 5MP.

Hasil pengujian kami, Quad Camera di Galaxy M62 sangat spesial untuk kualitas hasil jepretannya terutama untuk memotret objek di malam hari dengan kondisi pencahayaan bervariasi, dari pencahayaan terbatas, temaram sampai cukup terang.

Motret kawasan BSD1
Hasil pemotretan sudut jalan di kawasan BSD, Tangerang Selatan, dengan mengaktifkan mode Malam di kamera belakang Samsung Galaxy M62.
Motret di BSD2
Hasil pemotretan sudut jalan di depan gedung serviced apartment di kawasan BSD, Tangerang Selatan, dengan mengaktifkan mode Malam di kamera belakang Samsung Galaxy M62. Pendar cahaya lampu-lampunya terlihat tajam.
Motret di BSD3
Hasil pemotretan gedung tinggi di kawasan BSD, Tangerang Selatan, dari kejauhan dengan mengaktifkan mode Malam di kamera belakang Samsung Galaxy M62.

Dengan mengaktifkan Mode Malam, hasil yang kami dapatkan dari kamera belakang 64 MP Quad Cam ini terbilang memuas.

Detil dari objek yang kami foto terekam dengan sangat baik. Begitu juga dengan kontrasnya antara bagian gelap dan terang.

Begitu juga dengan hasil yang kami dapatkan pada Mode Makro, hasilnya juga terbilang tajam.

Motret dengan M62
Memotret dengan mode Makro menggunakan kamera belakang Samsung Galaxy M62, lokasi di Puncak, Jawa Barat.
Motret dengan M62_
Hasil pemotretan dengan mode Makro pada kamera belakang Samsung Galaxy M62, lokasi di Puncak, Jawa Barat.

Samsung sudah melengkapi kamera belakang Galaxy M62 dengan sejumlah fitur untuk mendukung kebutuhan pembuatan konten-konten kreatif dan kekinian.
Misalnya foto-foto dengan sentuhan filter.

Galaxy M62 juga sudah dilengkapi fitur Single Take. Fitur ini sangat menunjang ketika kita harus merekam objek yang muncul dalam momen yang pendek.

Cukup dengan mengaktifkan fitur ini, kita akan bisa merekam objek dalam beberapa angle berbeda berikut video pendeknya hanya dalam sekali sentuh.

Ada juga pilihan mode – hitam putih, vintage, boomerang dan efek visual lainnya yang bisa didapatkan dari fitur Single Take ini.

Untuk membangun interaksi dengan pengguna, Samsung Galaxy M62 tampil glossy dengan layar berukuran 6,7 inci FHD+ Super AMOLED Plus, Infinity-O Display.

Dukungan prosesor Octa-Core Exynos 9825 dengan fabrikasi 7nm EUV dikombinasikan dengan kapasitas memori sangat besar RAM 8GB dan memori internal 256GB, membuat Galaxy M62 sangat bertenaga untuk semua aktivitas.

Hasil pengujian menggunakan smartphone ini dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus, tetap terasa enteng. Perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain terasa mulus dan lancar.

Spesifikasi Samsung Galaxy M62

Memori: 8GB / 256GB
Layar: 6,7 inci FHD+ Super AMOLED Plus, Infinity-O Display
Dimensi: 163.9 x 76,3 x 9,5 mm
Kamera
Rear Camera: 64MP (f1.8) + 12UW (f2.2) + 5MP (f2.4) + 5MP (f2.4)
Front Camera: 32MP (f2.2)
Perekam Video: UHD 4K (3840 x 2160) | @30fps
Kemampuan Jaringan: GSM / HSPA / LTE
Cakupan Jaringan: 2G / 3G / 4G LTE
Jumlah Slot: Dual-SIM + Micro SD Slot up to 1TB
Jaringan Data: 3G: HSPA+ 42.2 / 5.76Mbps
4G LTE: 4 | 150Mbps
Spesifikasi Bluetooth: Bluetooth v5.0
Spesifikasi Wireless LAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz
Baterai:  7.000 mAh + 25W Super Fast Charging
Warna: Black, Blue, Green
Sistem Operasi: Android 11.0, One UI Core 3.1
USB: USB Type-C
Fitur Lainnya: Dolby Atmos