Jump to content

Semua Aktivitas

This stream auto-updates     

  1. Today
  2. Seismograf. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal. Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) tak berpotensi tsunami. Namun, guncangan terasa hingga wilayah lain. Dalam situsnya, BMKG menjelaskan gempa pada pukul 11.10 WIB, Minggu, 19 Agustus 2018, dirasakan di Lombok Utara pada level VI modified Mercalli intensity (MMI). Getaran di Mataram pada level IV MMI. Getaran Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Besar, dan Bima pada level III MII. Denpasar, Waingapu, dan Jembaran merasakan getaran pada level II MMI. Skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan Giuseppe Mercalli, seorang vulkanologis dari Italia pada 1902. Skala Mercalli terbagi menjadi 12 pecahan. Pembagian berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dan juga dengan melihat serta membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tersebut. Baca: Gempa 6,5 SR Guncang Lombok Timur Pada tingkat I MMI, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Pada II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata di dalam rumah pada tingkat III MMI. Getaran terasa seakan-akan ada truk berlalu. Pada level IV MMI, getaran dirasakan orang banyak dalam dan di luar rumah, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Kerusakan akan makin parah dengan semakin tingginya skala MMI. Pada tingkat tertinggi, XII MMI, lokasi gempa hancur sama sekali. Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap. Benda-benda terlempar ke udara.
  3. Wapres Jusuf Kalla. Foto: MTVN/Dheri Agriesta Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Sidang Umum Dewan Olimpiade Asia (OCA) ke-37 di Hotel Mulia, Jakarta. Kalla mengajak semua peserta untuk menyukseskan pesta olahraga di Asia. "Mari kita sukseskan dan dukung olahraga di Asia, dan dengan ini saya buka Sidang Umum OCA Ke-37," ujar Wapres dalam sambutannya, Minggu, 19 Agustus 2018. OCA merupakan badan olahraga di Asia yang beranggotakan 45 negara. Dia berharap sidang umum dapat menghasilkan berbagai keputusan yang memajukan olahraga Asia. "Kita ingin semua negara dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan kejuaraan di Asia dengan sportif," kata Kalla yang juga bertindak sebagai Ketua Dewan Pengarah INASGOC. Presiden OCA Ahmad Fahad Al Sabah sebelumnya memuji kerja keras Indonesia sebagai tuan rumah penyelengara Asian Games 2018. "Kami berterima kasih atas kerja keras pemerintah dan rakyat Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games, dan kami sangat terkesan dengan acara pembukaan Asian Games tadi," kata dia. Agenda pertama Sidang Umum OCA ke-37 antara lain penyerahan Piagam Penghargaan OCA kepada organisasi maupun individu yang dinilai berjasa dalam mengembangkan berbagai cabang olahraga di kawasan Asia, dan diikuti berbagai laporan dari dewan pengurus OCA.
  4. Spanduk yang mengkritisi proses rekrutmen dosen, dipasang di Gedung A Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair, dokumentasi Unair. Jakarta: Direktur Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga (Unair) Purnawan, merespons tudingan mengenai rekrutmen dosen yang tak sesuai prosedur. Ia mengklaim, semua tahapan proses perekrutan selalu melibatkan departemen terkait. Misalnya mengenai penentuan jumlah kebutuhan dan kualifikasi dosen yang dibutuhkan. "(Selalu) melibatkan Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Departemen atau Program Studi, dengan mempertimbangan ketersediaan anggaran, mengingat yang direkrut adalah dosen tetap non-PNS," ujar Purnawan saat dikonfirmasi Medcom.id, Minggu, 19 Agustus 2018. Beberapa komponen, kata dia, menjadi pertimbangan dalam perekrutan. Misalnya seperti rasio dosen dibandingkan dengan jumlah mahasiswa. Dari situ, pihaknya akan menakar kebutuhan dosen di tiap program studi (prodi). Lebih lanjut, Purnawan juga mengklarifikasi pernyataan Dosen prodi Hubungan Internasional (HI) Unair, M Yunus. Menurutnya, rektorat sebagai pihak yang berwenang merekrut dosen, tidak mengabaikan permintaan departemen HI sebagai end user. "Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Departemen atau Program Studi juga dilibatkan dalam tes wawancara yang merupakan seleksi paling akhir dari seluruh proses rekrutmen dosen," kata Purnawan. Terakhir, ia juga memberikan penjelasan mengenai hasil rekrutmen dosen HI, dengan satu kandidat yang lolos. Meski tak berasal dari disiplin ilmu HI, kandidat tersebut dipastikan Purnawan berkualitas. "(Karena) mendapatkan nilai tes yang paling tinggi sehingga yang bersangkutan ditetapkan sebagai Calon Dosen Tetap Universitas Airlangga tahun 2018," kata Purnawan. Baca: Rekrutmen Dosen Universitas Airlangga Menuai Kritik Sebelumnya, M Yunus mengkritik Universitas Airlangga melalui spanduk. Pasalnya, ia menilai, proses rekrutmen dosen tak transparan dan tidak mengindahkan permintaan departemen sebagai end user. Padahal, Departemen HI telah mengirimkan spesifikasi dosen yang diminta, yakni bergelar S2 Hubungan Internasional. Dengan demikian, ia menyebut terbuka peluang bagi calon dosen dari disiplin ilmu lain. Padahal prodi HI hanya menginginkan pengajar dengan latar belakang magister HI. "Prosesnya top down, bahkan sebagai end user tidak dilibatkan dalam wawancara. Kandidat terpilih, malah diwawancarai dokter," ujar Yunus.
  5. Ilustrasi Pemilu - Medcom.id Jakarta: Pertarungan sengit diprediksi bakal terjadi di sejumlah daerah pemilihan (dapil) pada Pileg 2019. Nama-nama tersohor akan memperebutkan kursi Senayan. Seperti di dapil Jawa Barat VI, meliputi Kota Depok dan Kota Bekasi. Ada dua menteri, artis, dan sejumlah anggota DPR petahana yang bakal bertarung. Dilansir dari daftar calon sementara di laman resmi KPU, Minggu, 19 Agustus 2018, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri terdaftar sebagai bacaleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hanif dipasang di nomor urut 1. Lukman Hakim Saifuddin juga bertengger di nomor urut 1 dari PPP. Lukman saat ini menjabat sebagai Menteri Agama. Hanif dan Lukman merupakan dua dari enam menteri Kabinet Kerja yang mendaftar sebagai caleg. Baca: Johan Budi dan Ibas Berebut Kursi di 'Dapil Neraka' Kursi di dapil Jawa Barat VI juga akan diperebutkan oleh sejumlah artis yakni Lucky Hakim, Fauzi Baadila dan Farhat Abbas. Lucky maju lewat Partai NasDem. Dia juga sempat duduk di Komisi X DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN), sebelum akhirnya mundur dan diganti oleh Fitriana Fauzi. Sementara itu, Fauzi Baadila dicalonkan oleh Partai Gerindra di nomor urut 3. Sedangkan, Farhat maju lewat PKB di nomor urut 2. Sejumlah anggota DPR petahana juga akan meramaikan pertarungan di dapil Jawa Barat VI. Mereka yakni Sukur Nababan, anggota Komisi V DPR dari fraksi PDIP; Riska Mariska, anggota Komisi III DPR dari fraksi PDIP, serta Mahfudz Abdurrahman, anggota Komisi V DPR dari fraksi PKS. Total ada 90 bacaleg yang disodorkan 16 partai di dapil Jawa Barat VI. Mereka akan memperebutkan enam kursi DPR. <iframe class="embedv" width="560" height="315" src="https://www.medcom.id/embed/GNGq6Avk" frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
  6. Gempa. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal. Jakarta: Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Peristiwa itu terjadi pukul 11.10 WIB, Minggu, 19 Agustus 2018. Dalam akun Twitternya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut titik gempa ada di 8.24 LS,116.66 BT di kedalaman 10 km. Posisi itu berada 32 km timur laur dari Lombok Timur. Pada pukul 11.06 WIB, gempa dengan kekuatan 5,4 SR juga sempat terjadi. Pusat gempa berada di 8.29 LS, 116.62 BT di kedalaman 10 km, sekitar 25 km timur laut Lombok Timur. Getaran gempa terasa hingga Lombok Utara, Mataram, Lombok Barat, Sumbawa Besar, Praya, Denpasar, Tabanan. Belum diketahui berapa kerugian yang diakibatkan peristiwa ini.
  7. Suasana penumpukan penumpang TransJakarta di Halte Tosari, Jakarta. Foto: Intan Yunelia/Medcom.id Jakarta: Para warga antusiame menikmati layanan bus TransJakarta gratis setiap akhir pekan selama perhelatan Asian Games 2018. Antrean penumpang pun tak terhindarkan. Pantauan Medcom.id, antrean penumpang mengular di halte TransJakarta Tosari, Jakarta. Antrean merembet hingga ke jembatan penyeberangan orang (JPO). Selama gratis penumpang TransJakarta tak perlu menggunakan tiket elektronik. Mereka bisa langsung masuk menunggu kedatangan mobil. Kondisi halte pun penuh sesak. Terlebih, banyak pengunjung car free day yang naik dari koridor 1 Blok M-Kota itu. Giat, 25, salah seorang warga senang dengan layanan TransJakarta gratis ini. Ia tak mau melewatkan kesempatan ini untuk berkeliling Ibu Kota. "Saya senang karena belum sempat jalan-jalan mengunjungi Jakarta Utara dan Jakarta Barat," kata Giat kepada Medcom.id di Halte Tosari, Jakarta Pusat, Minggu, 19 Agustus 2018. Sehari sebelumnya, Giat bersama teman-temannya menikmati layanan yang sama saat berwisata ke Dufan, Ancol. "Sekarang habis car free day saya ke rumah di Jakarta Timur pakai TJ juga walaupun muter-muter jauh," ucapnya Sementara itu, Geri, 21, salah seorang warga lainnya mengatakan program Transjakarta gratis ini sangat bagus. Menurut dia, program ini bisa memancing warga dari luar daerah untuk datang menyaksikan pertandingan Asian Games di akhir pekan. "Saya lihat tadi banyak yang enggak punya kartu yang dari daerah luar. Terus pas mereka mau bikin kartu, kasir bilang gratis," jelas Gerry. Pemprov DKI Jakarta menggratiskan biaya TransJakarta setiap Sabtu dan Minggu selama Asian Games 2018. Kebijakan itu berlaku untuk seluruh rute TransJakarta. "Seluruh rute kami gratiskan. Kami mau seluruh warga yang datang menggunakan transportasi umum," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 5 Agustus 2018. PT TransJakarta menyediakan sebanyak 1.750 bus untuk melayani warga. Sedangkan, 350 bus untuk atlet dan official Asian Games. Sejumlah rute khusus juga disiapkan selama Asian Games 2018. Pertandingan olahraga terbesar tingkat Asia itu dihelat pada 18 Agustus-2 September 2018.
  8. Polri. Ilustrasi: Medcom.id. Jakarta: Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane promosi jabatan di tubuh Polri masih diwarnai aksi 'lompat pagar'. Hal tersebut merujuk pada pengangkatan mantan Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) Brigjen Pol Eko Indra Heri menjadi asisten kapolri bidang sumber daya manusia (ASDM). "Pengangkatan posisi ASDM yang baru sangat ironis karena menabrak tatanan dan ketentuan yang ada seharusnya Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin) dan Komisi 3 DPR serta Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional) menegur Polri," kata Neta dalam keterangannya, Minggu, 19 Agustus 2018. Neta merujuk pada Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Sistem Pembinaan Karier Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Aturan ini membahas soal eselon atau tingkatan dalam jabatan di lingkungan organisasi yang disusun sesuai peran bidang tugas masing-masing Menurut dia, pengangkatan Brigjen Eko yang masih menduduki eselon II A sebagai karo binkar tidak sesuai dengan peraturan ini. Seharusnya, kata dia, Eko menduduki eselon 1-B inspektur jenderal terlebih dahulu baru bisa menjadi 1-A inspektur jenderal (posisi ASDM). Dia menjelaskan bila kenaikan jabatan dengan pola jalan pintas itu dibiarkan, anggota Polri akan frustasi. Pasalnya, pola itu sama saja menabrak sistem baku dalam kenaikan jabatan. "Setelah gagal mengangkat Kapolda Metro Jaya (Irjen Idham Azis) sebagai wakapolri, rupanya elite Polri melakukannya di asisten SDM. Ini sangat disesalkan. Asisten SDM yang lama Irjen Arief Sulistyanto yang selama ini dikenal tegas, konsisten dan strength kok malah membiarkannya," kata dia. Neta mencatat promosi jabatan di Polri dengan pola jalan pintas itu bukan hal yang baru di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Salah satu contohnya adalah kenaikan pangkat bagi Brigjen Listyo Sigit Prabowo. Sebelumnya, Sigit saat berpangkat komisaris besar adalah ajudan Presiden Jokowi. Selanjutnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menunjuk Sigit sebagai kapolda Banten. Menurut Neta, seharusnya Sigit sebelum jadi kapolda Banten ditarik ke Mabes Polri terlebih dahulu untuk meraih pangkat brigjen. “Setelah beberapa bulan baru naik pangkat brigjen dan menjadi kapolda,” ujar Neta. Baca: Penunjukan Komjen Ari Dono Sudah Dikonsultasikan ke Presiden Dirinya juga menyoroti kenaikan seorang petinggi di Polda Jateng yang sebelumnya dianggap sukses mengamankan pernikahan putri Presiden Jokowi di Solo. “Setelah pindidikan langsung jadi wakapolda Jateng," ucap dia. Untuk itu, Neta melanjutkan, banyak perwira polri berpangkat kombes yang sudah selesai pendidikan justru malah dinonjobkan selama bertahun tahun. Oleh karena itu, Polri harus menghentikan praktik mengistimewakan figur tertenru. “Padahal tatanan yang benar itu seperti Komjen Ari Dono sebagai Wakapolri. Dia diangkat tapi tidak 'lompat pagar'," ungkap dia. Seperti diketahui, Komjen Ari Dono resmi menjabat sebagai wakapolri menggantikan Komjen (Purn) Syafruddin yang kini telah menjadi Menpar RB. Ari Dono sebelumnya menjabat sebagai kabareskrim Polri. Posisi kabareskrim saat ini digantikan Irjen Arief Sulistyanto, yang sebelumnya menjabat ASDM. Sementara itu, posisi ASDM diemban oleh Brigjen Pol Eko Indra Heri.
  9. Sejumlah organisasi kepemudaan Muhammadiyah menggalang dana untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Intan Yunelia/Medcom.id Jakarta: Sejumlah organisasi kepemudaan Muhammadiyah menggalang dana untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penggalangan dana tersebut berlangsung di kawasan car free day, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. "Seluruh keluarga besar Muhammadiyyah ikut penggalangan dana ini," kata salah seorang relawan Nanda Fadilah kepada Medcom.id, Minggu, 19 Agustus 2018. Penggalangan dana tersebut di antaranya diikuti oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM). Mereka berada di lokasi car free day sejak pukul 06.00 WIB. Pantauan Medcom.id, spanduk berukuran besar bertuliskan 'Peduli Korban Gempa Lombok' dibentangkan para relawan. Baca: Jepang Gelontorkan Rp5 M Buat Bantu Korban Gempa Lombok Nanda mengatakan dana yang terkumpul akan disalurkan ke korban gempa. Selain uang, bantuan berupa pakaian dan barang-barang yang dibutuhkan lainnya juga akan diberikan. "Pakaian dan selimut separuhnya. Terus yang donasi berupa uang itu kita langsung turun ke lapangan buat memberikan langsung," kata dia. Penggalangan dana ini ditargetkan mencapai Rp50 juta. Pihaknya banyak menerima saluran bantuan berupa dana maupun barang. "Waktu kemarin itu, penggalangan dana di HI ini sampai Rp7 juta," pungkas dia. <iframe class="embedv" width="560" height="315" src="http://www.metrotvnews.com/embed/lKYEjpJK" allowfullscreen></iframe>
  10. ilustrasi Medcom.id Ternate: Dua orang ABK kapal feri KMP Bandeng yang tenggelam perairan Loloda pada Rabu 15 Agustus lalu ditemukan dalam kondisi meninggal. "Kami bersama intansi terkait dan masyarakat setempat mencari korban tenggelam dan berhasil menemukan tiga orang, dua orang di antaranya sudah meninggal dunia masing-masing bernama Afet Rahasia, 56, nakhoda dan Aksftar 27," kata Kepala SAR Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Minggu, 19 Agustus 2018. Sedangkan, korban yang selamat ditemukan itu dalam insiden naas itu bernama Nanda telah dibawa ke RSUD Tobelo, di Kabupaten Halmahera Utara untuk mendapatkan perawatan medis, karena kondisi kesehatannya dalam keadaan lemas dan pingsan. Arafah mengatakan, dalam pencarian ini baik melalui jalur udara dengan menggunakan helikopter milik PT NHM dan juga menggunakan jalur laut yang melibatkan instansi terkait maka pada Sabtu 18 Agustus menemukan dua jasad mereka mengapung secara terpisah. Sebelumnya satu orang atas nama Fanni yang pada Jumat (17/8) itu ditemukan dalam keadaan selamat itu dibawa ke Ternate bersama dua jenazah yang tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate menggunakan kapal KM SAR Pandudewanata pada pukul 22.45 WIT langsung di bawah ke RSUD Chasan Boesori Ternate untuk di autopsi. Arafah menjelaskan bahwa pada Minggu 19 Agustus akan tetap melakukan pencarian satu orang yang sampai saat ini belum menemukan dan pihaknya akan melibatkan semua unsur, termasuk helikopter miliki PT NHM itu untuk dikerahkan ke lokasi kejadian dan sisir diperairan Loloda dan sekitarnya. Selain itu, para penumpang kapal feri KMP Bandeng tujuan dari Tobelo ke Bitung, Sulawesi Utara itu tenggelam di perairan Loloda semuanya dalam keadaan selamat yang telah dievakuasi oleh Basarnas itu berjumlah 46 orang. Dia menambahkan, kalau belum menemukan satu orang dalam yang hilang itu maka proses pencarian akan diberlakukan selama tujuh hari, karena dalam Undang-undang yang ada dan mengapresiasi ke instansi terkait, termasuk masyarakat dan nelayan yang telah membantu pihaknya dalam proses pencarian sudah memasuki waktu empat hari.
  11. Misbakhun--ANTARA--Ismar P Jakarta: Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun berkomitmen membantu pemerintah mewujudkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 yang kredibel. Kredibilitas APBN sangat penting untuk menjaga perekonomian nasional. “Kredibilitas sangat penting untuk menjaga kepercayaan pasar terhadap APBN yang disusun pemerintah dan dibahas bersama DPR,” ujar Misbakhun di Jakarta, Sabtu,18 Agustus 2018. Presiden Joko Widodo telah menyerahkan RAPBN 2019 senilai Rp2.439,7 triliun beserta nota keuangannya ke DPR, Kamis, 16 Agustus 2018. Merujuk RAPBN 2019, pemerintah menyodorkan sejumlah proyeksi ekonomi untuk tahun depan. Salah satu proyeksi dalam RAPBN 2019 adalah kurs dolar Amerika Serikat (USD) yang dipatok di angka Rp14.400. Angka itu lebih tinggi ketimbang asumsi makro APBN 2018 yang mematok kurs USD setara Rp13.400. Sedangkan proyeksi defisit di RAPBN 2019 sebesar 1,84 persen dari produk domestik bruto (PDB) atau lebih rendah dibandingkan defisit fiskal tahun ini di angka 2,21 persen. Pemerintah sangat berhati-hati dalam menyusun RAPBN 2019. “RAPBN ini menunjukkan pemerintah berhati-hati meski volumenya dinaikkan. Saya melihatnya sebagai iktikad pemerintah menjaga kesinambungan program-program prorakyat,” ujar legislator Golkar itu. Baca: 2019, Jokowi Upayakan Anggaran Infrastruktur Capai Rp420,5 Triliun Legislator yang duduk di Komisi Keuangan DPR itu menjelaskan, pemerintah memang harus mengantisipasi gejolak ekonomi di Turki, perang dagang antara Tiongkok lawan Amerika Serikat dan ketidakpastian global. Hanya, kata dia, patut diapresiasi keseriusan pemerintah menggarap infrastruktur dengan mengalokasikan dana Rp420 triliun dalam RAPBN 2019. Menurut Misbakhun, ada celah fiskal lebih lebar bagi pemerintah pada tahun depan untuk menggarap infrastruktur. “Artinya pemerintah ingin menyelesaikan dengan tuntas program infrastrutur di lima tahun pertama kepemimpinan Presiden Jokowi,” tegasnya. Misbakhun juga mengapresiasi pemerintah yang tak memangkas program-program prorakyat meski harus menyusun RAPBN dengan penuh hati-hati. Dalam pandangannya, pemerintah justru sangat serius melanjutkan beragam program prorakyat yang sangat bermanfaat. Mantan pegawai Kementerian Keuangan itu membeber usul pemerintah dalam RAPBN 2019 untuk menaikkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), beasiswa Bidikmisi dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Menurut dia, program itu menunjukkan keseriusan pemerintah meningkatkan dan harkat martabat masyarakat, menaikkan indeks pembangunan manusia (IPM) serta menekan angka kemiskinan. “Sangat kelihatan kesinambungan pemerintah dalam berpihak kepada 40 persen masyarakat kecil yang memang harus diangkat derajat kehidupnnya,” tutur Misbakhun. Misbakhun mengatakan RAPBN 2019 juga mencerminkan ikhtiar Jokowi melunasi janji-janji kampanyenya di Pilpres 2014. “Dan 2019 akan menjadi tahun di mana masyarakat harus mengingat bahwa pemerintahan Jokowi sangat berpihak serta peduli kepada mereka,” paparnya. <iframe class="embedv" width="560" height="315" src="http://www.metrotvnews.com/embed/Wb7Jrz0N" allowfullscreen></iframe>
  12. Past hour
  13. Presiden Joko Widodo (tengah) membawa obor Asian Games XVIII saat prosesi kirab di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8). ANT/Puspa Perwitasari Jakarta: Sekjen PPP Arsul Sani meminta peristiwa obor Asian Games yang mendadak padam saat dibawa Presiden Joko Widodo tak dipolitisasi. Apalagi, menghubungkan peristiwa itu dengan hal berbau klenik. "Sudah lah, gak usah pakai isu klenik jika melihat sebuah kejadian," ujar Arsul Sani saat ditemui di Rumah Cemara, Jalan Cemara no 19 pada Sabtu 18 Agustus 2018. Menurut Arsul klenik adalah cocokologi yang selalu menghubung-hubungkan satu peristiwa dengan hal mistis. Hal seperti itu membodohi masyarakat. "Jadi klenik itu satu kejadian terus di inikan, kalau saya kesandung terus nanti saya ditafsirkan ini tersandung apa, ada apa, ini kan repot," kata dia Sementara itu, Sekjen PDI Perjuangan meminta masyarakat tak perlu membesar-besarkan insiden itu. Hasto menyebut, api obor Asian Games padam karena masalah teknis. Ia pun meminta kubu pasangan bakal calon Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Sandiaga Uno tak mengomentari hal-hal kecil. Sekjen PDI Perjuangan itu meminta koalisi penantang juga menyukseskan perhelatan Asian Games 2018. "Enggak, jadi di situ kita lihat obor kan simbolisasi semangat jadi, sehingga yang kita tunjukan adalah semangat dari kita bersama, di dalam mewujudkan pesta olahraga terbesar kedua ini sebagai upaya bagi kita untuk menyukseskan acara tersebut, semangat itu yang harus kita tunjukan," pungkas Hasto.
  14. Pasangan bakal calon Presiden Joko Widodo dan calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. ANT/Akbar Nugroho. Jakarta: Koalisi Indonesia Kerja (KIK) tak gentar saat bakal calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dinilai gagap di bidang ekonomi. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan KIK bangga mengusung Ma'ruf yang mahir di bidang ekonomi keumatan. "Kalau Sandi ekonomi koorporasi, pat gulipatnya dia tahu lah, gimana kekayaanya bisa naik secara drastis, dia tahu, tetapi bagaimana tentang keumatan, tentang keadilan, itu Ma'ruf jauh lebih unggul daripada Sandi," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Rumah Cemara, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Agustus 2018. Hasto menyebut publik belum terlalu mengenal Ma'ruf. Ma'ruf jauh lebih memahami bidang ekonomi dibanding Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno karena pernah memimpin Komisi VI DPR RI. "Kiai Ma'ruf pengalamanya luas, Pak Prabowo sama Pak Sandi belum pernah menjadi anggota DPR, Kiai Ma'ruf sudah menjadi anggota DPR Ketua Komisi VI (DPR). Artinya memimpin kebijakan industri, BUMN, perdagangan, sehingga itulah sesuatu yang belum dilihat dengan baik tentang KH Ma'ruf, beliau sangat memahami aspek-aspek ekonomi," ujar dia. Hasto menambahkan hal yang dibutuhkan masyarakat Indonesia hari ini adalah pembangunan ekonomi kerakyatan atau ekonomi keumatan. Ia mengklaim figur pembangun itu sudah ada di sosok Ma'ruf. "Apalagi prorgam ekonomi keumatan? Keumatan tentang program kerakyatan, beliau sosok yang lebih mementingkan kepentingan bersama daripada pribadi, ini kan yang menjadi diferensiasi dari Maruf. Yang di sana unsur-unsur kapital sebagai dominan, ini unsur-unsur keumatan, keadilan sosial, sebagai hal yang dominan, jadi sangat beda di dalam garis politik ekonominya, sangat berbeda. yang di sana pernah gagal mengelola politik perusahaan, yang ini berhasil dalam mengelola politik negara," ujar Hasto. Hasto juga sempat menyinggung program Ok-oce milik Sandi semasa menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. "Ok-oce berhasilnya di mana? Mari bisa kita lihat bersama-sama," pungkas Hasto.
  15. Bakal calon Presiden Joko Widodo dan calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin. ANT/Hafidz Mubarak. Jakarta: Bakal calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedang menunaikan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi. Hingga saat ini, Ma'ruf belum berencana bertemu pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. "Kita lihat nanti," kata Ma'ruf sembari melempar tawa ditemui usai acara Silaturahim Nahdlatul Ulama Sedunia ke-17 di Jarwal, Mekkah, seperti dilansir Antara, Sabtu, 18 Agustus 2018. Terkait proses Pemilu Presiden 2019, Ma'ruf berharap pesta demokrasi berlangsung secara santun. Tidak ada konflik dan saling menghormati. Secara umum, kedatangan Ma'ruf di Tanah Suci tersebut guna memenuhi undangan salah satu penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK). Ma'ruf diagendakan mengisi khutbah untuk jamaah calon haji yang wukuf di Arafah. Rizieq sempat terjerat kasus percakapan berkonten pornografi. Bergulirnya kasus tersebut membuat Rizieq belum kembali ke Tanah Air. Teka-teki kepulangan Rizieq selalu menjadi sorotan.
  16. Yohanis Gama Marshall Lau alias Joni (tengah), siswa SMPN Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur duduk di antara menteri Kabinet Kerja saat menghadiri Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). ANT/Pus Jakarta: Aksi heroik Yohanes Ande Kala Marcal, 14, bocah pemanjat tiang bendera di Atambua, Nusa Tenggara Timur menyentuh hati banyak orang. Joni sapaannya, diundang Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ke Jakarta. Ini kali pertama bungsu dari sembilan bersaudara itu menginjakkan kaki di Ibu Kota. Ia berdiri di samping kedua orangtuanya ketika tiba di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, melayani permintaan wartawan yang ingin mengabadikannya lewat kamera. Walau ada gugup yang menyelimuti wajahnya, Joni tetap tersenyum lebar, memperlihatkan giginya yang putih. Remaja yang lahir di Desa Silawan pada 10 Oktober 2004 itu mengenakan seragam SMP, kemeja putih gombrong yang ujung tangannya menutupi siku, dengan celana pendek biru menutupi dengkul. Kakinya dibalut kaos kaki putih dan sepatu hitam mengilat yang terlihat masih baru. Selendang tenun merah menghiasi lehernya. Joni mengaku baru pertama kali menaiki pesawat terbang. "Senang," kata dia, seperti dilansir Antara, ‌Minggu, 19 Agustus 2018. Joni sempat bercerita detik-detik sebelum dia spontan memanjat tiang bendera. Saat upacara itu, Joni sedang berada di tenda kesehatan karena sakit perut. Di sana dia mendengar pengumuman dari wakil bupati yang mencari siapa pun yang bisa membetulkan tali di tiang bendera. "Saya langsung lari keluar, buka sepatu dan naik tiang bendera, gigit tali, turun ke bawah," seru Joni. Tak ada rasa takut ketika memanjat karena selama ini dia sudah terbiasa memanjat pohon. "Pohon pinang, pohon asam, kelapa," kata bocah yang bercita-cita jadi tentara itu. Kepiawaiannya memanjat tiang membuat Imam Nahrawi mencetuskan akan meminta Pengurus Besar Panjat Tebing di Indonesia untuk melihat potensinya. Dengan polosnya, Joni mengaku tidak berminat jadi atlet panjat tebing, dia masih tetap ingin jadi seorang tentara, cita-citanya sejak lama. Di kantor Kemenpora, Joni juga diajak masuk ke ruangan pribadi Imam, dan mencoba kursi empuk milik Sang Menteri. Selama beberapa saat dia mendadak jadi Menpora, menerima 'laporan' dari Imam yang berubah jadi 'anak buah'. Dia meninggalkan jejak tulisan di buku yang berada di atas meja Imam. Joni menulis nama panjang, juga pesan untuk para pelajar Indonesia. "Pesan dari Joni: anak Indonesia harus rajin belajar," tulis Joni yang juga membubuhkan tanda tangan yang terdiri dari tulisan sambung. Petualangan Joni di Ibu Kota tak berakhir di Kemenpora. Malam harinya, dia diajak menghadiri upacara pembukaan pesta olahraga Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Imam membawanya berkeliling venue pertandingan Asian Games. Senin, 20 Agustus 2018 mendatang, Joni dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dia juga dijamin bisa menikmati jalannya pertandingan sepak bola, olahraga favoritnya. Dari semua pemain sepak bola, ada satu yang paling dia kagumi. "Evan Dimas," kata Joni yang menyatakan ingin bertemu dengan idolanya. Keberanian Joni menimbulkan decak kagum setelah videonya memanjat jadi viral di dunia maya. Banyak pihak langsung memberikan apresiasi atas aksi Joni. Bahkan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan beasiswa hingga lulus SMA. Setelah itu, dia akan mendapat prioritas apabila masih ingin jadi prajurit TNI. Pendidikan Joni hingga meraih gelar sarjana di perguruan tinggi juga dijamin PLN yang bersedia membiayai biaya sekolahnya. "Kami senang dan bangga," kata ayah Joni, Victorino Fahik Marschal. Joni diundang ke Jakarta bersama kedua orangtuanya, Victorino serta istrinya Lorensa Gama. Ia berangkat dari Bandara El Tari Kupang pada Sabtu, 18 Agustus 2018. Kedua orangtua Joni merupakan warga eks Timor Timur yang memilih menetap dan hidup di Indonesia setelah eksodus pada Agustus 1999, pascareferendum di bekas provinsi ke-27 Indonesia itu.
  17. Ilustrasi. MI/Atet Dwi. Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca DKI Jakarta cerah siang ini, Minggu, 19 Agustus 2018. Kondisi ini akan terjadi di seluruh wilayah Ibu Kota, termasuk Kepulauan Seribu. Suhu di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Timur masing-masing berkisar 22 hingga 33 derajat celcius. Kelembapan di kedua wilayah tersebut antara 45 hingga 80 persen. Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan bersuhu 23 hingga 33 derajat celcius. Kedua wilayah mengalami kelembapan 50 sampai 80 persen. Jakarta Barat dan Jakarta Selatan diperkirakan cerah berawan pada siang hari. Suhu di kedua wilayah ini berkisar 22 hingga 34 derajat celcius dengan kelembapan 45 hingga 80 persen. Pada malam hari, keseluruhan cuaca Jakarta diperkirakan cerah berawan. Tidak ada peringatan dini yang dikeluarkan BMKG untuk wilayah Ibu Kota.
  18. Today
  19. Lava pijar dari Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda, Kalianda, Lampung Selatan, Kamis (19/7). ANT/Elshinta. Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan Gunung Anak Krakatau, Lampung kembali erupsi pada Sabtu, 18 Agustus 2018, pukul 18.09 WIB. Kolom abu teramati 500 meter di atas puncak. Data dari Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Anak Krakatau menyatakan tinggi kolom abu teramati 805 meter di atas permukaan laut. Dilansir Antara, kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi terekam dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 42 mm dan durasi 2 menit 33 detik. Sempat terdengar suara dentuman di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau. Kini, Gunung Anak Krakatau berada pada status level II (waspada) dengan rekomendasi masyarakat atau wisatawan dilarang mendekati kawah dengan radius 2 km. Dalam beberapa pekan terakhir, Gunung Anak Krakatau menunjukkan peningkatan aktivitas. Menurut Badan Geologi PVMBG, status masih waspada, sehingga belum membahayakan bagi warga sekitar maupun berdampak bagi penerbangan di atas puncak.
  20. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto. ANT/Hafidz Mubarak. Jakarta: Polisi masih mengejar pelaku penembakan di Distrik Tembagapura, Papua yang melukai Jonatan Sopaheluwakan, 38. Korban yang merupakan karyawan PT Freeeport Indonesia tertembak saat mengemudi truk. "Belum diketahui (oknum pelaku penembakan), masih dikejar," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto kepada Medcom.id, Sabtu, 18 Agustus 2018. Penembakan terjadi pada Jumat, 17 Agustus 2018 pukul 06.15 WIT, diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di sekitar area mile point 65. Namun, hingga kini polisi belum bisa memastikan motif penembakan. "Motif belum diketahui," ucap Setyo. Jonatan bersama Jansen Goga Ranteborong, 34, hendak memperbaiki trailer yang rusak di sekitar mile point 62. Mereka menaiki truk Iveco "Flat Bed Mechanic" dengan nomor lambung 02.1022. Saat melintas di area mile point 65, truk yang dikemudikan Jonatan ditembak dari kiri dan kanan jalan. Jonatan diketahui sempat menghentikan kendaraan. Nahas, oknum terus memberondong tembakan ke arah truk. Akibatnya, Jonatan mengalami luka pada bagian lengan kanan atas, serta lecet pada bagian dada sebelah kanan dan pipi kanan diduga terkena serpihan kaca.
  21. Pasangan calon Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. ANT/Hafidz Mubarak. Jakarta: Koalisi Indonesia Kerja (KIK) tak ingin buru-buru membentuk tim kampanye nasional. Sekjen PPP Arsul Sani mengaku tak khawatir dengan hal itu karena memiliki calon presiden dan calon wakil presiden unggul. "Enggak usah kita pakai takar-takaranlah insyaallah capres dan cawapres kita karatnya lebih tinggi," kata Arsul Sani di Rumah Cemara, Jalan Cemara No 19, Sabtu, 18 Agustus 2018. Pertemuan sekretaris jenderal (Sekjen) partai politik KIK belum menentukan tim kampanye nasional. Ia menyebut pertemuan itu ibarat pemanasan. Sekjen partai politik KIK mempertimbangkan segala kemungkinan yang akan terjadi. "Perencanaan dan pemanasan," kata Arsul. Meski demikian Arsul tidak mau memandang remeh kekuatan kubu sebelah. KIK telah menyiapkan strategi jitu mengalahkan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. "Kita akan libatkan semuanya dari pemilih pemula milenial, sampai remaja sedikit tua sampai pada warga senior, senior citizen kita libatkan semua. Karena memang pemilihnya kan range-nya begitu luas dari pemilih pemula barangkali pada 2019 baru 17 tahun sampai kira-kira di atas 77 tahun," ujar Arsul. Sekjen PPP itu berjanji KIK akan habis-habisan berkampanye jika waktunya tiba. Segala cara akan dikerahkan demi kemenangan pasangan calon Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. "Yang jelas cara kampanyenya, strategi dasarnya ya total football lah. Ada bertahan, ada menyerangnya, ada oper-operan panjang, ada pendek juga, ala Premiere League lah,"ujar dia.
  22. Presiden Joko Widodo mengendarai motor di Gelora Bung Karno. ANT/Dhoni Setiawan. Jakarta: Asian Games 2018 resmi dibuka di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Netizen menyoroti gaya bermotor dalam video pembuka dan goyangan ala Presiden Joko Widodo saat pembukaan Asian Games 2018. Aksi Presiden menggunakan sepeda motor terekam dalam video yang ditayangkan saat pembukaan. Video itu memperlihatkan Presiden hendak berangkat menuju Gelora Bung Karno dari Istana Kepresidenan Bogor. Memasuki Jakarta, rombongan Presiden terhadang kumpulan masyarakat yang hendak berangkat menuju Gelora Bung Karno. Presiden pun turun dari mobil dan mengendarai sepeda motor Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Jokowi mengendarai sepeda motor itu hingga Gelora Bung Karno. Saat pembukaan, pengendara motor yang berpakaian menyerupai Presiden terlihat menggeber motor di kawasan GBK hingga tiba di royal box area VVIP. Aksi Jokowi tersebut mencuri perhatian warganet. Aksi Presiden disebut bak aktor laga. Selain itu, warganet juga menyoroti aksi Presiden bergoyang saat penyanyi Via Vallen melantunkan lagu tema Asian Games. Jokowi terlihat menggoyangkan bahu dan tangan bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Salah seorang warganet kagum dengan aksi goyangan Jokowi itu. "Tadi Pak Jokowi joget, keren bangetlah Presiden gue ini," kata pemilik akun Twitter @pinkypasetru. Pemilik akun Twitter @andreasafriza juga mengomentari penampilan Presiden dan Ibu Negara. "Gantengnya dan lucunya Pak @jokowi dan Ibu joget! Bangga sekali sama dangdut Indonesia sama Via Vallen bangganya sama semua atlet indonesia," kata @andreasafriza.
  23. Yesterday
  24. Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau persiapan pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen. Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan ojek daring tak akan berdemonstrasi selama Asian Games 2018. Tito telah berkomunikasi dengan penyedia jasa ojek daring. "Sudah kami lakukan komunikasi, sehingga ada maklumat larangan demonstrasi selama Asian Games," kata Tito di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Agustus 2018. Tito membantah membatasi aspirasi masyarakat. Demonstrasi dapat dilakukan sesuai aturan yang berlaku. "Tapi, ada aturan lain di mana maklumat kepolisian untuk kepentingan publik sehingga demo ditiadakan," paparnya. Jenderal bintang empat itu juga mengimbau masyarakat menyukseskan Asian Games 2018. Tito menekankan, masyarakat sebaiknya saling merangkul agar tetap bersatu. "Kami meminta semua elemen bangsa semua bersatu padu demi nama baik bangsa, dan berharap tidak ada tindak kejahatan maupun terorisme," jelas Tito.
  25. Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau persiapan pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen. Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan persiapan pengamanan Asian Games 2018 telah matang. Tito menyebut tak ada ancaman terorisme dalam perhelatan ini. "Sampai saat ini kita belum menerima informasi ancaman. Tapi kita sudah melakukan kegiatan-kegiatan sebelumnya," kata Kapolri di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Agustus 2018. Polri tetap memperkuat pengamanan meski telah menangkap lebih dari 300 terduga teroris pascaperistiwa di Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok. Polri juga mengawal atlet Asian Games demi keamanan. "Lalu lintas kita antisipasi masuk mobilisasi atlet dari Kemayoran, ini jam 14.00 WIB sudah mulai bergeser. Sekian ratus bus menuju arena di GBK kita akan kawal," tutur Tito. Petugas keamanan akan memeriksa seluruh pengunjung yang masuk. Pemeriksaan dilakukan menyeluruh mulai badan hingga barang bawaan. "Tas yang masuk, ransel, akan diperiksa. Ada beberapa larangan tentunya yang berbahaya, termasuk senjata tajam, senjata api, laser, pointer, flair, kita akan larang untuk masuk body check," paparnya. Pemeriksaan akan dilakukan secara berlapis. Setidaknya ada tiga lapisan pengamanan yang dilalui pengunjung. Jenderal bintang empat itu menambahkan sebanyak 8.017 personel gabungan diturunkan mengamankan pembukaan Asian Games 2018. Ribuan personel tersebut merupakan gabungan dari Polri, TNI, pemerintah daerah, pemadam kebakaran, ambulans, dan lainnya.
  26. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. ANT/Wahyudin. Jakarta: Presiden Joko Widodo resmi membuka gelaran Asian Games 2018. Pembukaan pesta olahraga se-Asia itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Memakai jas hitam dan dasi merah, Jokowi ditemani dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pembukaan berlangsung pukul 20.21 WIB. "Kita ingin meraih prestasi, dan dengan mengucap bismillahirahmanirahim Asian Games 2018 saya nyatakan dibuka," kata Presiden Jokowi di GBK, Jakarta, Sabtu, 18 Agustus 2018. Sebanyak 45 negara berpartisipasi dalam perhelatan pesta olaharga terbesar di Asia itu. Sekitar 17 ribu atlet dan 5000 ofisial ikut meramaikan kompetisi. Indonesia mengirim 931 atlet dan 400 ofisial. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyambut peserta Asian Games dengan bangga. Jokowi berharap perhelatan Asian Games dapat menunjukan persaudaraan dan persatuan negara di Benua Asia. Pembukaan Asian Games 2018 digelar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, malam. Pesta pembukaan ini dinantikan masyarakat karena mengedepankan budaya Indonesia. Sebanyak 45 negara akan bertarung memperebutkan medali di 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Pertandingan akan digelar di Jakarta, Palembang, Banten, dan Jawa Barat. Acara yang digelar 18 Agustus hingga 2 September 2018 ini menelan biaya kurang lebih Rp6 triliun. Sekitar Rp600 miliar dihabiskan untuk upacara pembukaan.
  27. Aksi Presiden Joko Widodo meminta helm dari Pasukan Pengawal Presiden terekam dalam video yang ditayangkan dalam Pembukaan Asian Games 2018. Jakarta: Pembukaan Asian Games 2018 mengejutkan masyarakat. Pada awal pembukaan, Presiden Joko Widodo terlihat mengendarai motor karena menghindari kemacetan Jakarta. Sebuah layar yang disediakan di Gelora Bung Karno menampilkan video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo bersiap-siap berangkat dari Istana Kepresiden Bogor. Jokowi memasuki mobil RI 1 yang biasa ditumpangi sehari-hari. Prosesi penghormatan dari pasukan pengawal pun diperlihatkan saat mobil dinas Presiden meninggalkan Istana Kepresidenan Bogor. Rombongan pengawalan Presiden melaju tanpa hambatan dari Bogor menuju Jakarta. Memasuki Jakarta, rombongan Presiden terhambat kemacetan lalu lintas. Terlihat kumpulan masyarakat mengenakan pakaian merah dan putih bersemangat ingin pergi ke Gelora Bung Karno. Antusiasme ini membuat lalu lintas macet. Presiden Jokowi sempat menyapa beberapa masyarakat yang berjalan kaki. Takut terlambat, Presiden keluar dari mobil. Ia pun meminta kendaraan roda dua yang dikenakan salah satu Pasukan Pengawal Presiden. Motor Yamaha FZ1 berwarna hitam itu pun dinaiki Presiden. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta Paspampres menyerahkan helmnya. Motor digeber, kerumunan pun dilewati setelah motor berwarna hitam itu dikendarai melompati truk. Aksi mengendarai motor tak sampai di situ. Motor berwarna hitam yang dikendarai Presiden itu memasuki gang sempit dan beraksi seperti pebalap profesional. Selain aksi itu, Presiden Jokowi sempat berhenti di depan sebuah sekolah karena sejumlah murid yang hendak menyeberang jalan. Jokowi pun turun dari motor dan mempersilakan murid tersebut. Murid yang paling belakang melihat Jokowi. Presiden pun membuka helmnya. "Apa?" kata Presiden sembari tersenyum. Sang siswa pun kaget. Video itu pun memperlihatkan Jokowi yang melewati Bundaran Hotel Indonesia dan akhirnya tiba di Gelora Bung Karno. Penonton pun disuguhkan dengan aksi seseorang berpenampilan layaknya Presiden menggeber motor di lapangan. Motor itu kemudian masuk ke dalam area GBK dan berhenti di depan llift. Presiden pun turun dan membuka helm, lalu masuk ke dalam lift. Lift itu membawa Presiden muncul di royal box VVIP Gelora Bung Karno. Teriakan penonton pun menggema. Presiden tak kuasa menahan senyum. Aksi Presiden ini menuai decak kagum di media sosial. Warganet mengaku kaget dengan penampilan pembukaan ini. "Keren gila produksinya, Jokowi dalam Mission Impossible, I can't be Late For The Ceremony," kata komika Pandji Pragiwaksono di akun Twitter-nya @pandji. Sementara itu, akun Twitter @jaljayobaby menyamakan aksi Presiden Jokowi dengan film Fast and Furious. "Mr Jokowi, President of Indonesia, thinks he filmed a Fast Furious on his way to the Opening Ceremony of Asian Games 2018 can you believe him," kata akun @jaljayobaby Salah satu warganet mengaku kagum dengan aksi Presiden Jokowi. "Gua masih terkagum banget sama Pak Jokowi bagian naik motor tadi. #JokowiBikerPaten #OpeningCeremonyAsianGames2018 #SukseskanAsianGames2018 #IndonesiaJuara," kata akun @indhingtys. Selain menyanjung aksi Presiden Jokowi, sejumlah warganet juga menyoroti persiapan pembukaan Asian Games 2018. Warganet terlihat puas dengan kejutan-kejutan yang disajikan panitia Asian Games 2018.
  28. Sekarang isi pulsa bisa lewat online dan pembayaran juga cukup mudah loh :). Anda dapat membeli pulsa, kuota, voucher game online, dan juga token listrik hanya melalui Paypal Verified dan juga unverified loh :) Kenapa harus isi pulsa atau kuota via paypal? 1. TRX 24 Jam Otomatis langsung masuk jika tidak ada gangguan 2. Lebih mudah dan praktis 3. Harganya lebih terjangkau dan murah bisa hemat biaya 4. Support PayPal Verified dan juga unverified CATATAN: Untuk PayPal unverified harus konfirmasi terlebih dahulu ke Admin agar transaksi tidak pending Yuk langsung aja order ke pulsapaypal.top
  29. PengangguranSukses

    Aturan Forum Nyentrik.com

    Oke siap min
  1. Load more activity


×