Jump to content
Sign in to follow this  
matamatapolitik

Hillary Clinton: Eropa Harus Tahan Imigrasi untuk Lumpuhkan Populis Sayap Kanan

Recommended Posts

Eropa harus menangani isu imigrasi untuk memerangi ancaman yang berkembang dari populis sayap kanan, kata Hillary Clinton, menyerukan kepada para pemimpin Eropa untuk mengirimkan sinyal yang lebih kuat yang menunjukkan bahwa mereka “tidak akan dapat terus memberikan perlindungan dan dukungan.”

Dalam wawancara dengan The Guardian, mantan kandidat presiden dari Partai Demokrat tersebut memuji kemurahan hati yang ditunjukkan oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel, tetapi mengatakan bahwa imigrasi telah menyulut pemilih dan berkontribusi pada pemilihan Donald Trump dan pemungutan suara Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

“Saya pikir Eropa perlu menangani masalah imigrasi karena itulah yang menyulut permasalahan,” kata Clinton, berbicara dalam serangkaian wawancara dengan tokoh-tokoh politik senior tentang kebangkitan populis — terutama sayap kanan — di Eropa dan Amerika.

“Saya mengagumi pendekatan yang sangat dermawan dan penuh kasih yang diambil terutama oleh para pemimpin seperti Angela Merkel, tetapi saya pikir adil untuk mengatakan bahwa Eropa telah melakukan bagiannya, dan harus mengirim pesan yang sangat jelas — ’kita tidak akan dapat terus memberikan perlindungan dan dukungan’ — karena jika kita tidak menangani masalah imigrasi, maka itu akan terus mengacaukan situasi politik.”

Pernyataan Clinton tersebut kemungkinan akan jadi kontroversial di seluruh Eropa, yang telah berjuang untuk membentuk posisi yang terpadu sejak lebih dari satu juta imigran dan pengungsi tiba di Uni Eropa pada tahun 2015.

Sementara beberapa negara yang menanggung beban pengungsi — seperti Jerman, Italia, dan Yunani — berpendapat bahwa beban tersebut harus dibagi lebih merata, terutama di beberapa Eropa tengah dan timur, yang telah menolak permintaan untuk menampung pengungsi.

Angka imigrasi telah turun tajam sejak tahun 2015, sementara serangkaian inisiatif telah diajukan, dari penempatan 10.000 anggota perbatasan Eropa dan badan penjaga pantai, hingga sekumpulan prosedur suaka Uni Eropa.

Clinton adalah salah satu dari tiga tokoh kiri-tengah yang diwawancarai oleh The Guardian untuk lebih memahami mengapa citra politik mereka tampaknya gagal. Ketiganya telah melihat negara-negara mereka dibebani oleh peristiwa politik yang sampai tingkat tertentu dapat dijelaskan oleh keberhasilan populisme sayap kanan.

Dua orang lainnya yang diwawancarai, Tony Blair dan Matteo Renzi, setuju bahwa masalah migrasi telah menimbulkan masalah signifikan bagi politik tengah.

“Anda harus berurusan dengan keluhan yang sah dan menjawabnya, itulah sebabnya mengapa di Eropa Anda tidak mungkin memenangkan pemilu kecuali Anda memantapkan posisi yang kuat pada imigrasi karena orang-orang khawatir tentang itu,” kata Blair. “Anda harus menjawab masalah itu. Jika Anda tidak menjawabnya maka… Anda meninggalkan ruang besar di mana populis dapat menyerang.”

Baca Selengkapnya: https://www.matamatapolitik.com/in-depth-hillary-clinton-eropa-harus-tahan-imigrasi-untuk-lumpuhkan-populis-sayap-kanan/

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  



×