Jump to content
Sign in to follow this  
matamatapolitik

AS Pergi, Pasukan Suriah Bergerak Lindungi Kurdi dari Serangan Turki

Recommended Posts

Pasukan Suriah mulai bergerak melindungi Kurdi dari serangan Turki, setelah pasukan Kurdi yang dikenal sebagai YPG meminta bantuan kepada rezim Suriah. Kelompok Kurdi berada di garis depan koalisi AS dalam memerangi ISIS di Suriah. Tetapi mereka dibiarkan terhuyung-huyung pekan lalu, ketika Presiden Trump tiba-tiba memerintahkan penarikan pasukan AS dari Suriah, yang membuat Kurdi menghadapi kemungkinan serangan dari Turki.

Oleh: Nazih Osseiran (The Wall Street Journal)

Pasukan pemerintah Suriah bergerak untuk melindungi Kurdi Suriah yang berperang melawan ISIS, setelah Amerika Serikat (AS) mengatakan akan menarik pasukannya dari wilayah itu, dan Kurdi Suriah mengatakan bahwa mereka khawatir akan serangan oleh Turki.

Pasukan Kurdi Suriah—yang dikenal sebagai YPG dan merupakan sekutu AS—mengendalikan kota Manbij yang strategis di timur laut dekat perbatasan Turki. Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (28/12), mereka mengatakan telah meminta pemerintah Suriah untuk melindungi daerah itu karena khawatir akan terjadi invasi Turki, sementara mereka terlibat dalam memerangi ISIS di tempat lain.

Tidak jelas apakah pasukan pemerintah Suriah telah memasuki kota Manbij pada Jumat (28/12) sore. Media pemerintah Suriah mengatakan bahwa pasukan telah mengibarkan bendera pemerintah di pusat kota, tetapi kelompok pemantau yang berbasis di Inggris, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, dan seorang pejabat pemerintah dari daerah itu, mengatakan bahwa pasukan pemerintah telah dikerahkan di luar kota antara pasukan YPG dan pasukan yang didukung Turki di dekatnya.

Pasukan AS beroperasi di Manbij dan memiliki pangkalan militer di daerah tersebut. Mereka tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar. Pasukan AS masih melakukan patroli baik di dalam kota maupun di wilayah udara sekitarnya, kata pejabat setempat.

Komando Pusat AS di AS mengatakan melalui Twitter, bahwa mereka tidak melihat perubahan pasukan militer di kota Manbij. “Kami meminta semua orang untuk menghormati integritas Manbij dan keselamatan warganya,” Komando itu mencuit.

Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  



×