Jump to content
Sign in to follow this  
matamatapolitik

Tahun 2019, Ekonomi Asia Terombang-ambing akibat Melemahnya China

Recommended Posts

Di tahun 2019, tampaknya ekonomi Asia akan terombang-ambing, seiring China mulai melemah akibat perang dagang dengan Amerika Serikat. Perlambatan di China akan menimbulkan ‘efek riak’ di seluruh Asia, karena negara tersebut merupakan mitra dagang utama bagi sebagian besar negara di kawasan ini. Itu juga akan mempengaruhi kepercayaan pasar kawasan ini.

Oleh: Kentaro Iwamoto (Nikkei)

China akan kembali membentuk prospek ekonomi Asia pada tahun 2019, seiring negara ekonomi terbesar di kawasan Asia tersebut tengah menghadapi tantangan internal dan eksternal, termasuk perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

Para ahli ekonomi memperkirakan bahwa pertumbuhan China yang melambat pada tahun 2018, memengaruhi ekonomi di seluruh Asia. Semua mata tertuju pada tanggapan Beijing.

Sejalan dengan tren global, ekonomi regional cenderung akan mengalami pertumbuhan lebih lambat pada tahun 2019, menurut perkiraan para ahli ekonomi dan pemerintah. Menurut bank investasi Jepang Nomura, salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh Asia adalah perlambatan China yang diperkirakan, terutama di paruh pertama tahun ini.

Pada tahun 2018, pertumbuhan China melambat secara bertahap, dengan produk domestik bruto (PDB) meningkat 6,8 persen di kuartal pertama tahun itu, sebesar 6,7 persen pada kuartal kedua, dan sebesar 6,5 persen pada kuartal ketiga, seiring pemerintah mengurangi belanja infrastruktur untuk mencoba untuk mengurangi utang di tingkat lokal. Penjualan mobil yang lebih lemah menambah perlambatan.

Ting Lu, kepala ekonom China di Nomura, memperkirakan pertumbuhan jauh lebih lambat dalam beberapa bulan mendatang. Menunjuk pada penjualan mobil yang lemah—yang menyeret angka konsumsi—dia berkata, “Kami percaya penurunan semacam ini akan meluas hingga paruh pertama (2019).”

Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  



×