Jump to content
Sign in to follow this  
matamatapolitik

Trump Siap untuk Penutupan Pemerintah AS Sampai Bertahun-tahun

Recommended Posts

Donald Trump dan Demokrat masih terus berlanjut. Donald Trump mengancam untuk mendeklarasikan keadaan darurat nasional demi dapat membangun tembok jika Demokrat tidak memberinya $5 milyar yang ia minta. Ia juga mengatakan, ia siap jika penutupan pemerintahan AS selama bertahun-tahun jika permintaan dan pembangunan tembok perbatasannya tidak juga diberikan.

Oleh: al Jazeera

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada hari Jumat (4/1) bahwa ia siap untuk menahan beberapa bagian pemerintahan terus tutup selama bertahun-tahun jika ia tidak mendapatkan milyaran dolar yang ia minta untuk mendanai pembangunan tembok di perbatasan Meksiko.

Mengikuti pertemuan dengan para pemimpin kongres, Trump mengonfirmasi bahwa ia mengatakan pada para pemimpin Demokrat bahwa ia akan menahan penutupan pemerintahan AS selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun jika ia tidak mendapatkan dana pembangunan tembok.

“Tentu saja, saya mengatakan hal itu,” ujar Trump pada para wartawan di luar Gedung Putih.

“Saya tidak berpikir hal itu akan terjadi. Tapi saya siap,” tambahnya.  “Saya harap hal ini tidak terus berlangsung bahkan selama beberapa hari lagi. Pemerintahan bisa langsung buka kembali dengan sangat cepat. Kami melakukan pertemuan yang sangat sangat produktif, dan banyak kemajuan sudah didapat.”

Komentarnya itu muncul setelah presiden dan para pemimpin Kongres gagal untuk mencapai kesepakatan untuk mengakhiri penutupan sebagian pemerintahan, yang kini sudah berlangsung selama 14 hari. Hal itu telah terpusat pada permintaan Trump untuk dana pembangunan tembok, salah satu janji kunci kampanyenya.

Nada bicara Trump cenderung lebih positif jika dibandingkan para Demokrat, yang mengatakan pertemuan itu “berbelit-belit dan terkadang tegang.”

Nancy Pelosi, Ketua Kongres yang baru terpilih dari Partai Demokrat, mengatakan bahwa partainya menyadari “bahwa kami tidak bisa menyelesaikan hal ini sampai kami membuka pemerintahan dan kami menyampaikan hal tersebut secara sangat jelas kepada presiden.”

Bagian kunci dari penutupan pemerintahan AS pada tanggal 22 Desember setelah Trump menolak untuk menarik permintaannya untuk dana pembangunan tembok sebesar lima milyar dolar di perbatasan selatan dengan Meksiko, yang ditentang oleh Demokrat.

‘KITA BISA MENYERUKAN DARURAT NASIONAL’
Pada hari Jumat Trumo juga mengatakan ia sedang mempertimbangkan untuk mendeklarasikan keadaan darurat nasional untuk membangun tembok itu—satu tindakan yang jika benar ia lakukan kemungkinan besar akan ditentang di pengadilan.

“Kami bisa melakukan hal itu. Saya belum melakukannya…Tapi kami bisa menyerukan keadaan darurat nasional dan membangunnya dengan sangat cepat,” ujar Trump.

Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  



×