Jump to content
advertisement_alt
Sign in to follow this  
matamatapolitik

Perang Dagang: Kelemahan China di Balik Sikap Sombong Xi

Recommended Posts

Kebijakan Trump membuat pertumbuhan Amerika membaik di tengah Perang Dagang, sementara pertumbuhan China masih bisa terus melambat. Di balik sikap keras dan penuh kebanggaan Xi Jinping, ada kelemahan yang dia tutupi untuk mencegah China terlihat rentan di mata dunia.

Oleh: Andy Puzder (Wall Street Journal)

Presiden China Xi Jinping mengamati peringatan 40 tahun pergeseran China dari komunisme doktriner menjadi totalitarianisme semu-kapitalis dengan menyampaikan pidato televisi bulan lalu dalam bahasa otoriter yang keras. Namun sikapnya yang kuat tidak bisa menyembunyikan kekhawatirannya.

Saingan ekonomi utama China, Amerika Serikat (AS), berada di bawah tekanan nyata untuk melepaskan banyak kebijakan merkantilis yang telah diandalkan selama beberapa dekade untuk menopang pertumbuhan.

Seperti para pendahulunya, Xi menegaskan bahwa Partai Komunis China (CCP) telah “sepenuhnya benar” selama 40 tahun terakhir. “Tidak ada yang dapat mendikte rakyat Tiongkok apa yang harus dan tidak boleh dilakukan,” katanya.

Dia memuji prinsip-prinsip Marxis-Leninis dan mengutip Friedrich Engels ketika dia membayangkan perjalanan sosialis China melalui abad ke-21.

Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

×