Jump to content
advertisement_alt
Sign in to follow this  
matamatapolitik

Saudara Tiri Kim Jong-un yang Dibunuh adalah Sumber Intelijen CIA

Recommended Posts

Kim Jong Nam, yang terbunuh dalam serangan tahun 2017 di Malaysia, bertemu dengan para agen operatif, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Kabar tentang hubungan CIA dengan Kim Jong Nam muncul ketika diplomasi nuklir antara Amerika Serikat dan Korea Utara terhenti, menyusul pertemuan puncak bulan Februari 2019 di Hanoi, Vietnam antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump yang berakhir tanpa kesepakatan. CIA telah lama memiliki kepentingan intensif di Korea Utara, meskipun budaya totaliternya dan kurangnya kedutaan AS di sana menjadikannya salah satu target tersulit.

Oleh: Warren P. Strobel (The Wall Street Journal)

Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan yang telah terbunuh tahun 2017, dilaporkan merupakan sumber intelijen Central Intelligence Agency (CIA) yang bertemu beberapa kali dengan para agen operatif, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

Menurut orang itu, terdapat keterkaitan antara agen mata-mata Amerika Serikat dan Kim Jong Nam.

Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, terbunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia bulan Februari 2017, ketika dua wanita mengolesi wajahnya dengan agen saraf VX. Para pejabat Amerika Serikat dan Korea Selatan menuduh serangan tersebut dilakukan oleh Korea Utara, yang kemudian telah dibantah Korut.

Banyak detail hubungan Kim Jong Nam dengan CIA hingga kini masih belum jelas. Kim Jong Nam telah tinggal di luar Korea Utara selama bertahun-tahun dan tidak diketahui memiliki basis kekuatan di Korut. Sejumlah mantan pejabat Amerika Serikat mengatakan bahwa saudara tiri Kim Jong-un tersebut tidak mungkin dapat memberikan rincian tentang pekerjaan dalam negeri rahasia negara itu.

Mereka juga mengatakan bahwa Kim Jong Nam, yang tinggal terutama di wilayah kantong China di Makau, hampir pasti berhubungan dengan layanan keamanan negara lain, terutama China. CIA hingga kini masih menolak berkomentar. Para pejabat China juga belum menanggapi permintaan komentar.

Fakta bahwa CIA mengadakan pertemuan dengan saudara tiri yang diasingkan oleh pemimpin Korea Utara tersebut menggambarkan jangkauan upaya intelijen AS untuk mengumpulkan informasi tentang negara yang tertutup itu.

Terdapat spekulasi di antara mantan pejabat dan analis Amerika Serikat bahwa negara-negara di luar, termasuk China, memandang Kim Jong Nam sebagai penerus yang mungkin bagi Kim Jong-un jika kepemimpinannya Kim Jong-un berada dalam bahaya. Namun, badan-badan intelijen AS menyimpulkan bahwa Kim Jong Nam tidak cocok untuk mengisi peran semacam itu, menurut beberapa mantan pejabat Amerika.

Kabar tentang hubungan CIA dengan Kim Jong Nam muncul ketika diplomasi nuklir antara Amerika Serikat dan Korea Utara terhenti, menyusul pertemuan puncak bulan Februari 2019 di Hanoi, Vietnam antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump yang berakhir tanpa kesepakatan.

Pejabat intelijen Amerika Serikat pada awalnya merasa lega bahwa interaksi CIA dengan Kim Jong Nam tidak segera terungkap setelah pembunuhannya, menurut orang yang mengetahui situasi tersebut. Tetapi tiga bulan setelah kematiannya, bulan Mei 2017, surat kabar Jepang Asahi Shimbun melaporkan bahwa sementara berada di Malaysia, Kim Jong Nam bertemu dengan seorang Korea-Amerika yang diduga oleh pejabat Malaysia merupakan seorang petugas intelijen AS.

Peran Kim Jong Nam sebagai sumber CIA juga dijelaskan dalam sebuah buku tentang Kim Jong-un, The Great Successor, yang ditulis oleh reporter The Washington Post dan akan diterbitkan pada hari Selasa (11/6), menurut laporan berita mengutip kutipan dari buku tersebut. The Wall Street Journal hingga kini belum melihat salinan buku itu.

Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

×