Jump to content
advertisement_alt
Sign in to follow this  
matamatapolitik

John Bolton Peringatkan Iran: Kebijaksanaan AS Bukanlah Kelemahan

Recommended Posts

Dalam kunjungannya ke Israel, John Bolton kembali melontarkan serangan kepada musuh bebuyutannya, Iran. Setelah Presiden Donald Trump membatalkan rencana serangan udara ke Iran, Bolton memperingatkan Tehran bahwa opsi militer masih bisa jadi pilihan. Bolton berada di Israel untuk pertemuan tiga pihak pada hari Selasa (25/6) dengan menteri luar negeri Rusia dan Israel.

Oleh: David M. Halbfinger (The New York Times)

Penasihat keamanan nasional Presiden Trump, John Bolton, memperingatkan Iran pada hari Minggu (23/6) agar tidak “salah menilai kehati-hatian dan kebijaksanaan AS sebagai kelemahan,” mengatakan bahwa tindakan militer terhadap Iran masih menjadi pilihan meskipun AS pekan lalu membatalkan satu serangan militernya.

Memanasnya konflik AS Iran telah membuat Trump hampir memerintahkan serangan balasan atas ledakan pada tanker minyak di Teluk Oman dan penembakan pesawat pengintai tanpa awak AS oleh Iran.

AS mengatakan bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal-kapal di dekat Selat Hormuz tersebut, tetapi Iran membantahnya. Iran juga mengatakan bahwa pesawat tanpa awak itu melanggar wilayah udaranya, meskipun para pejabat AS mengatakan pesawat itu ada di atas perairan internasional.

“Tidak ada yang memberi mereka izin untuk berburu (pesawat tanpa awak) di Timur Tengah,” kata Bolton pada hari Minggu (23/6) di Yerusalem bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Dia menggemakan peringatan Trump bahwa militer AS “telah diperbarui dan siap untuk serangan”.

Pekan lalu, Organisasi Energi Atom Iran mengatakan bahwa negara itu dalam waktu 10 hari akan menghasilkan lebih banyak uranium yang diperkaya rendah―jenis yang digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik―daripada jumlah yang diizinkan oleh kesepakatan nuklir Iran 2015. Organisasi tersebut mengatakan bahwa pihaknya mungkin akan segera memulai memperkaya uranium ke tingkat kemurnian yang lebih tinggi, membawa Iran lebih dekat ke pembangunan senjata nuklir.

“Iran tidak akan pernah memiliki senjata nuklir,” kata Bolton pada hari Minggu (23/6). “Tidak untuk melawan AS, dan tidak untuk melawan dunia.”

Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

×