Jump to content
Sign in to follow this  
Admin

Tiga Jajanan Indonesia yang Aslinya dari Belanda

Recommended Posts

Kroket, kastengel, dan lidah kucing adalah camilan yang biasa tersedia di berbagai acara. Tapi, tahukah kamu kalau tiga makanan ini sebenarnya bukan kuliner asli Indonesia?

Sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad, nggak dimungkiri bahwa Belanda mempengaruhi Indonesia dalam berbagai bidang. Pengaruh ini juga termasuk di bidang kuliner.

Kamu mungkin nggak menyangka kalau beberapa makanan ini rupanya bukan asli Indonesia, melainkan diadopsi dari Belanda. Penasaran? Inibaru.id sudah merangkumnya buat kamu.

  1. Kroket

http://www.dapurkobe.co.id/wp-content/uploads/kroket-nasi.jpg?t=1495945847

Kroket (dapurkobe.co.id)

Kroket berasal dari kata kroketten dalam bahasa Belanda. Camilan satu ini merupakan camilan terfavorit kedua setelah perkedel di Belanda. Kroket berbentuk lonjong, berisi daging cincang yang telah dibumbui, dan digoreng dengan tepung panir sebagai pelapis.

Selain daging cincang, isian kroket asli Belanda juga menggunakan kacang merah, nasi, dan mi untuk variasi.

Di Indonesia, kroket biasanya diisi dengan daging ayam dan wortel. Eh, selain di Belanda, makanan ini rupanya juga populer di sebagian Eropa, lo. Kamu bisa menjumpai kroket di Inggris, Belgia, Spanyol, hingga Polandia dengan isian yang bervariasi.

  1. Kastengel

http://kokirumah.com/wp-content/uploads/2017/07/WhatsApp-Image-2017-07-04-at-19.43.43.jpeg

Kastengel (kokirumah.com)

Kastengel yang biasa kamu jumpai pada Hari Lebaran atau Natal ini rupanya kue yang populer di Belanda, Millens. Nama kaasstengels sebenarnya mendeskripsikan kandungan bahan dari kue ini.

Dalam bahasa Belanda, kaass berarti keju, sementara stengels berarti tongkat. Nggak seperti kroket yang populer di Eropa, kastengel hanya ada di Belanda dan Indonesia, lo.

  1. Lidah Kucing

https://2.bp.blogspot.com/-R3yn_WPSD5M/V-UJCNlwQKI/AAAAAAAAB5w/M29BxIiaQdEYXFxTeScY6SLuDvknsriCgCLcB/s1600/Resep_cara_membuat_Kue_Pelangi_lidah_kucing_rainbow+alviya.com.jpg

Lidah kucing rainbow (alviya.com)

Berbentuk seperti lidah kucing dengan penamaan yang juga unik, kue kering ini ternyata bukan resep asli Indonesia. Sebelum terkenal di sini, lidah kucing sudah eksis di Belanda dengan nama kattetong.

Berbahan dasar tepung terigu, margarin, gula, dan putih telur, kue ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Supaya penampilannya menarik, beberapa toko kue membuat lidah kucing dengan menambah pewarna.

Hm, sudah tahu kan, Millens? Eh, tapi, kamu sudah pernah mencicipnya, belum?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  



×