Jump to content
Sign in to follow this  
awnzky

Tiga Hektare Lahan di Sulut Terbakar

Recommended Posts

Lp1O4YPQVZ.jpg?w=460 ilustrasi Medcom.id Manado: Lahan perkebunan di Kelurahan Pinasungkulan, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara, terbakar. Dalam peristiwa itu, setidaknya sekitar tiga hektare lahan habis terbakar. Beruntung api berhasil dipadamkan setelah petugas gabungan dari TNI/Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung turun dan memadamkan api.

“Diduga ada warga yang membakar semak dan rumput saat membuka lahan perkebunan,” kata Kapolsek Ranowulu AKP Steven Mandey, Selasa, 21 Agustus 2018.

Sementara Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting mengatakan lahan yang terbakar tersebut meupakan milik perorangan.

"Lahan tersebut milik warga, dan kami mendapat laporan dari pemilik lahan saat peristiwa kebakaran dan api sudah dipadamkan," kata dia saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 21 Agustus 2018.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah maupun isntansi terkait untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Ini kan sudah masuk musim panas. Ada api sedikit pasti langsung menjalar apalagi di lahan kering. Ini harus diantisipasi," terangnya.

Dia pun mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar selama di musim kemarau.

"Niat awalnya memang cuma membakar rumput, namun lantaran lalai api bisa merembet membakar lahan yang tidak semestinya. Dan kalau sudah begini tentu timbul kerugian yang lain," ujarnya.

Selain lahan, Ginting juga mengingatkan warga untuk memperhatikan sistem kelistrikan serta meningkatkan pengawasan di rumah-masing saat ditinggal kosong.

"Sebab, tak sedikit penyebab kebakaran lantaran listrik atau misalnya ada obat nyamuk atau lilin yang ditinggal masih menyala sehingga memicu kebakaran. Untuk itu warga diimbau meningkatkan kewaspadannya. Selalu pastikan semua aman saat berada di dalam maupun hendak keluar rumah," pungkasnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  



×