Jump to content
Sign in to follow this  
awnzky

Mendagri Minta Daerah Terdekat Segera Bantu NTB

Recommended Posts

MRybWGD95d.jpg?w=460 Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Medcom.id/Ahmad Mustaqim. Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memerintahkan daerah di sekitar Nusa Tenggara Barat (NTB) segera mengirimkan bantuan ke lokasi terdampak gempa. Ini dilakukan usai Tjahjo berkoordinasi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei.

"Saya kira hari ini kami membuat radiogram hasil koordinasi kami dengan Pak Willem, bahwa kalau BNPB pesan-beli lagi peralatan itu perlu waktu, maka kami minta pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di daerah yang dekat dengan NTB mengirimkan segera apa yang dia punya," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 21 Agustus 2018. 

Tjahjo meminta kepala daerah di Jawa dan Bali, melalui BPBD masing-masing, mengirim bantuan secepatnya. Daerah-daerah itu tidak terlampau jauh dengan lokasi bencana. Sementara, kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana, terus meningkat. 

Politikus PDIP itu menyebut para kepala daerah tak perlu ragu menyalurkan bantuan. Sebab, selain BNPB, hal ini sudah dikoordinasikan bersama Kemenkeu.

(Baca juga: TGB: Penanganan Bencana Lombok Sudah Berskala Nasional)

"Kami sudah memberi surat, kalau ada dana SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) itu bisa disumbangkan ke sana. Ini sifatnya gotong-royong, di samping Menkeu sudah mengalokasi dana cadangan," tegas Tjahjo. 

Terkait desakan agar bencana gempa bumi di NTB ditetapkan sebagai bencana nasional, Tjahjo menilai belum perlu. Sebab, ada beberapa pertimbangan untuk sampai menjadi bencana nasional. 

Seperti, pemda tak berfungsi, tak ada akses terhadap sumber daya nasional dan ada regulasi yang menghambat pelaksanaan tanggap darurat. Unsur ketiganya, kata dia, tidak terpenuhi.

Tjahjo tak melihat kegagalan kinerja dari Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dan jajarannya. Akses sumber daya nasional juga terus didukung semua pihak. Selain itu, semua regulasi mendukung kedaruratan melalui dana siap pakai (DSP) dan penggunaannya. 

"Saya kira jangan diperdebatkan ini bencana nasional atau tidak, tapi perhatian nasional cukup luar biasa tidak hanya di Lombok tapi di semua area kalau ada kejadian semua," tandas Tjahjo.
 
(Baca juga: Polri Tambah Personel Bantu Korban Gempa Lombok)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  



×